ANGGARAN
PIUTANG
Anggaran piutang adalah anggaran yang merencanakan secara lebih
terperinci tentang jumlah piutang perusahaan beserta perubahan-perubahannya
dari waktu ke waktu selama periode yang akan datang
Manfaat anggaran piutang bagi perusahaan sebagai berikut:
1. Merupakan upaya untuk meningkatkan omzet penjualan, sehingga keuntungan
juga dapat ditingkatkan
2. Pada jenis usaha tertentu, kredit jangka panjang dapat menciptakan
keuntungan tambahan tertentu bagi perusahaan
3. Dapat mempererat hubungan dagang antara perusahaan dengan relasinya
Dengan anggaran piutang dapat ditunjukkan hal-hal berikut ini :
1. Menunjukkan besarnya putang yang terjadi dari waktu ke waktu
2. Menunjukkan jumlah piutang yang tertagih dari waktu ke waktu
3. Menunjukkan sisa piutang yang belum tertagih ari waktu ke waktu selama
periode yang akan datang
6 faktor yang perlu dipertimbangkan menyusun anggaran piutang :
1.
anggaran penjualan
2.
keadaan persaingan di pasar
3.
posisi perusahaan dalam persaingan
4.
syarat pembayaran yang ditawarkan
perusahaan
5.
kebijakan perusahaan dalam penagihan
piutang
6.
rencana perusahaan untuk melakukan
penjualan secara kredit aktiva-aktiva lain, selain barang hasil produksinya.
Pengaruh penjualan kredit terhadap arus kas yaitu :
·
jangka waktu kredit itu diberikan
·
kerajinan dari petugas penagih hutang
·
mutu dari para debitur yang diperdaya
membeli barang dagang kredit
·
situasi usaha pada umumnya
Tidak ada komentar:
Posting Komentar