Senin, 24 Oktober 2016

ANGGARAN PRODUKSI

Anggaran Produksi
Pengertian Anggaran Produksi menurut para ahli :
Menurut Darmanegara (2010:80) : “ Anggaran produksi adalah suatu pernyataan dari hasil produk dan umumnya dingkapkan dalam unit.”
Menurut Rudianto (2009:80) : “Anggaran produksi adalah rencana perusahaan untuk menghasilkan produk perusahaan dalam jumlah yang sesuai dengan kebutuhan penjualan dengan mempertimbangkan jumlah persediaan pada awal dan akhir periode tertentu.”
Menurut Bustami dan Nurlela (2006:10) : “Anggaran produksi adalah suatu perencanaan secara terperinci mengenai jumlah unit produk yang akan diproduksi selama periode mendatang, yang mencakup jenis, kuantitas atau unit fungsi, dan penjadwalan operasi yang dilaksanakan.”
Menurut Haruman dan Rahayu (2007:57): “Anggaran produksi dalam arti luas penyebaran rencana penjualan menjadi rencana produksi yang meliputi perencanaan tentang volume produksi, kebutuhan persediaan, bahan baku, tenaga kerja dan kapasitas mesin.”
Manfaat Anggaran Produksi menurut para ahli:
Manfaat anggaran bagi perusahaan menurut Puspita (2010:17) dan Supriono (2005:344-345) adalah:
  1.  Tersedianya suatu pendekatan disiplin untuk menyelesaikan masalah
  2. Membantu manajemen membuat studi awal terhadap masalah yang dihadapi oleh suatu perusahaan dan membiasakan manajemen untuk mempelajari dengan seksama masalah tersebut sebelum diambil keputusan
  3. Menyediakan cara-cara untuk memformasikan usaha perencanaan
  4.  Menutup kemacetan potensial sebelum kemacetan tersebut terjadi
  5. Mengembangkan iklim “profit minded” dalam usaha mendorong sikap pentingnya kesadaran biaya dan memaksimalkan pemamfaatan sumber- sumber perusahaan
  6.   Membantu mengkoordinasikan dan mengintegrasikan penyusunan rencana operasi berbagai segmen yang ada pada organisasi sehingga keputusan final dan rencana tersebut dapat terintegrasi secara komprehensif
  7.  Memberikan kesempatan kepada organisasi untuk meninjau kembali secara sistematis terhadap kebijakan dan pedoman dasar yang sudah ditentukan
  8.  Mengkoordinasikan, menghubungkan dan membantu mengarahkan modal dan semua usaha organisasi keseluruhan yang paling menguntungkan
  9.  Mendorong suatu standar prestasi yang tinggi dengan membangkitkan semangat bersaing yang sehat, menimbulkann presaaan yang berguna untuk menyediakan peransang (insentif) untuk pelaksanaan yang efektif
  10. Menyediakana tujuan atau sasaran yang merupakan alat pengukur atau standar untuk mengukur prestasi dan ukuran pertimbangan manajemen dan sikap eksekutif secara individual.
Tujuan Anggaran Produksi menurut para ahli :
Haruman dan Rahayu (2007:58) anggaran produksi merupakan suatu alat perencanaan, koordinasi dan pengendalian kegiatan produksi, sehingga tujuan penyusunan anggaran produksi adalah
  1. Menunjang kegiatan bagian penjualan, sehingga barang dapat tersedia sesuai dengan yang direncanakan
  2. Menjaga tingkat persediaan yang optimum
  3. Mengatur produksi sedemikian rupa sehingga biaya produksi menjadi minimum.
Sedangkan menurut Anthony dan Govindarajan (2005:75) kegunaan anggaran mempunyai empat tujuan utama yaitu :
  1.  Menyelaraskan dengan rencana strategis
  2. Mengkoordinasikan
  3. Penugasan tanggung jawab
  4. Dasar untuk evaluasi kerja

Dari pengertian diatas, penulis mengambil kesimpulan bahwa :
  • Anggaran produksi adalah suatu rencana perusahaan untuk menghasilkan produk (unit produk) perusahaan secara terperinci yang meliputi jumlah unit produk yang akan diproduksi, bahan baku, kuantitas, tenaga kerja, dan kapasitas mesin.
  • Manfaat anggaran produksi adalah menentukan tujuan atau sasaran untuk dijadikan alat ukur kinerja perusahaan selanjutnya, selain itu anggaran produksi juga memiliki manfaat sebagai alat pengendalian manajemen dalam mengambil keputusan.
  • Tujuan anggaran produksi adalah untuk merencanakan, mengkoordinasikan, dan mengendalikan kegiatan produksi dengan cara penugasan tanggung jawab terhadap tingkat persediaan yang optimum, selain itu sebagai evaluasi kerja untuk menunjang kegiatan bagian penjualan dan mengatur bagian produksi dengan menyelaraskan rencana yang strategis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar