Sabtu, 08 Oktober 2016

PERAMALAN PENJUALAN

Peramalan penjualan

Peramalan menurut para ahli :

Berdasarkan pendapat Freddy Rangkuti (2005) : Peramalan (Forecasting ) adalah perencanaan kapasitas produksi yang baik harus sesuai dengan besarnya kebutuhan permintaan.

Berdasarkan pendapat Barry Render dan Jay Heizer (2001) : Peramalan (Forecasting) adalah seni dan ilmu memprediksi peristiwa – peristiwa masa depan dengan pengambilan data historis dan memproyeksinya ke masa depan dengan menggunakan beberapa model matematis.

Berdasarkan pendapat Lerbin R. Aritonang R. (2002) : Peramalan (Forecasting) adalah kegiatan penerapan model yang telah dikembangkan pada waktu yang akan datang.

Berdasarkan pendapat Lalu Sumayang, (2003) : Peramalan (Forecasting) perhitungan yang efektif dan dengan menggunakan data – data masa lalu, untuk menentukan sesuatu dimasa yang akan datang.

Dari pengertian di atas, penulis menarik kesimpulan bahwa "Peramalan Penjualan adalah Seni atau ilmu untuk memprediksi masa depan dengan menggunakan data – data di masa lalu, untuk menentukan sesuatu yang akan datang berdasarkan kapasitas produksi yang sesuai dengan besarnya kebutuhan permintaan."

Cara – cara penaksiran peramalan penjualan :
  •  Analisis Trend
  1. Analisis trend garis lurus (kuadrat terkecil dan moment)
  2. Analisis garis lengkung
  • Analisis Regresi
  1. Regresi sederhana
  2. Regresi berganda

Tidak ada komentar:

Posting Komentar