Peramalan penjualan
Berdasarkan pendapat Barry Render dan Jay Heizer (2001) :
Peramalan (Forecasting) adalah seni dan ilmu memprediksi peristiwa – peristiwa masa
depan dengan pengambilan data historis dan memproyeksinya ke masa depan dengan
menggunakan beberapa model matematis.
Berdasarkan pendapat Lerbin R. Aritonang R. (2002) : Peramalan
(Forecasting) adalah kegiatan penerapan model yang telah dikembangkan pada
waktu yang akan datang.
Berdasarkan pendapat Lalu Sumayang, (2003) : Peramalan
(Forecasting) perhitungan yang efektif dan dengan menggunakan data – data masa
lalu, untuk menentukan sesuatu dimasa yang akan datang.
Dari pengertian di atas, penulis menarik kesimpulan bahwa "Peramalan Penjualan adalah Seni atau ilmu untuk memprediksi masa depan dengan
menggunakan data – data di masa lalu, untuk menentukan sesuatu yang akan datang
berdasarkan kapasitas produksi yang sesuai dengan besarnya kebutuhan
permintaan."
Cara – cara penaksiran peramalan penjualan :
- Analisis Trend
- Analisis trend garis lurus (kuadrat terkecil dan moment)
- Analisis garis lengkung
- Analisis Regresi
- Regresi sederhana
- Regresi berganda
Tidak ada komentar:
Posting Komentar